Promosikan Tur Indonesia di tempat Terbaiknya

Kementerian Pariwisata Indonesia-Regu Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (10 DPP) menjalankan aktivitas promosi pariwisata Indonesia ke Korea Selatan, China dan Jepang. Kesibukan promosi ketiga negara itu telah dilaksanakan semenjak pertengahan sampai akhir November 2018 lalu di wisata pulau seribu.

Adapun ke-10 DPP itu, yaitu Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Taman Liburan Candi Borobudur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotai, dan Taman Nasional Wakatobi. Kesibukan promosi itu disinergikan dengan aktivitas lain termasuk Economic Forum 2018 yang dipelopori Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul dengan tema Seizing Opportunity in Trade and Investment dan China International Travel Mart di Shanghai pada 16-18 November 2018.

Regu Percepatan Pembangunan 10 DPP memaparkan taktik pengembangan pariwisata Indonesia dan memberikan penjelasan mengenai destinasi pariwisata Indonesia. Dalam kans hal yang demikian dipersembahkan pencapaian project management enam destinasi pariwisata yang sudah melampaui sasaran, merupakan Tanjung Kelayang (100,6 persen), Tanjung Lesung (100,2 persen), Kepulauan Seribu (101,8 persen), Mandalika (108,8 persen), Labuan Bajo (114 persen), dan Morotai (104,4 persen).

Walaupun empat destinasi pariwisata dalam pelaksanaan perkembangan dan sudah menempuh lebih dari 90 ppersen, merupakan Danau Toba (95 persen), Borobudur (97,1 persen), Bromo Tengger Semeru (92,9 persen) dan Wakatobi (97,2 persen).

Sementara di kans terpisah di Korea dilaksanakan aktivitas Sales Mission Mandalika, yang menerangkan destinasi liburan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yang yaitu salah satu dari empat destinasi super prioritas, merupakan Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo. Kesibukan Sales Mission Mandalika ini digelar di 2 kota, Seoul pada 13 November dan di Busan pada 15 November 2018.

Ketua Regu Percepatan Pembangunan 10 DPP Hiramsyah S. Thaib mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan segala kans serta bersinergi dengan berjenis-jenis lembaga dan institusi untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional. Program Sales Mission Mandalika yaitu aktivitas untuk mengenalkan destinasi liburan Indonesia terpenting Mandalika terhadap para travel agent dan tour operator di Seoul dan Busan.

Banyak kans investasi bagi para pengusaha Jepang di 10 Bali Baru terpenting di Morotai, Tanjung Lesung dan Tanjung Kelayang-Belitung, termasuk investasi di bidang infrastruktur,” ujarnya.

Dalam kans itu, pihaknya juga memaparkan perkembangan pembangunan insfrastruktur di destinasi liburan, terpenting Tanjung Kelayang dan Tanjung Lesung, di antaranya pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang di Tanjung Lesung, pengadaan lahan seksi I Serang-Rangkasbitung yang sudah selesai Oktober 2017. Kemudian dilanjutkan pengadaan seksi II Rangkasbitung-Cileles yang ditargetkan selesai Februari 2019, dengan sasaran konstruksi November 2019 untuk seksi I dan Agustus 2020 untuk seksi II.

Menurutnya, potensi pelancong dari tiga negara hal yang demikian amat tinggi dan hal ini menjadi kans emas bagi pariwisata Indonesia. Dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukam, pihaknya optimistis para pelancong akan menetapkan opsi utama kunjungan wisatanya ke papua paradise.