Baca Ini Tips Jika Ingin Membeli Rumah Atau Anda Hanya Ingin Sewa Saja

Sewa Rumah – Properti yaitu salah satu wahana investasi unggulan aku pribadi, bagus itu berupa rumah tinggal, apartemen, tanah, atau ragam properti lainnya (selain toko dan ruko, akan dibahas di tulisan terpisah).

Kali ini aku akan membahas kiat membeli properti terutamanya rumah dan apartemen menurut pengalaman aku pribadi dan sebagai seorang konsultan keuangan. Semoga dapat diambil informasi yang pantasnya.

Banyak orang dilematis menetapkan untuk beli rumah dulu atau apartemen lebih-lebih dulu. Masing-masing properti ini memiliki keunggulan dan kelemahan yang anda perhitungkan dikala mau membeli properti. Apartemen sendiri punya kelebihan harga yang relatif murah (untuk sebagian ragam apartemen kelas menengah ke bawah).

Kecuali itu apartemen lokasinya lazimnya di tengah kota atau di dalam kota untuk harga yang relatif murah hal yang demikian, diperbandingkan membeli rumah dengan harga murah namun lokasi jauh di pinggir kota atau luar kota.

Lokasi apartemen yang dekat ke tengah kota akan membikin tarif transportasi anda berkurang diperbandingkan seandainya tinggal di pinggir kota atau luar kota. Apalagi seandainya anda tinggal di kota besar di Indonesia seperti Jakarta, karenanya anda malah seharusnya berhadapan dengan kemacetan yang luar awam.

Keunggulan lain dari apartemen yaitu sebab lokasinya yang dekat ke sentra kota karenanya apartemen relatif lebih gampang untuk disewakan. Anda dapat menawarkan sewa tahunan, bulanan, 3-6 bulanan pun anda dapat menyewakan harian dengan memakai aplikasi khusus.

Dari sini anda dapat menerima penghasilan tambahan dari menyewakan apartemen anda seandainya anda belum mau menempatinya. Oh ya satu lagi, bagi anda yang single dan kerap kali seharusnya bepergian keluar kota atau keluar negeri sebab profesi, anda tak perlu kuatir meninggalkan apartemen anda, tak perlu ada yang mematikan atau hidupkan lampu tiap-tiap hari.

  • Anda Butuh Ruko Untuk Tinggal Atau Usaha, Silahkan Klik Disini

Sementara kelemahan dari apartemen sendiri yaitu luasnya yang kecil, mulai dari belasan meter persegi (untuk jenis sanggar), hingga dengan 80 meter persegi untuk jenis 2-3 kamar tidur. Memang ada apartemen dengan luas di atas 100 meter pun sebuah apartemen penthouse dapat seluas 500 meter persegi, namun itu bukanlah untuk kalangan menengah apalagi milenial.

Kelemahan lain yaitu adanya tarif perawatan yang relatif mahal. Nah murah atau mahal ini akan amat tergantung dari sebagian hal:
– Seberapa luas rumit apartemen anda, seandainya cuma 1-2 tower saja, karenanya tarif perawatan relatif lebih murah, namun jika banyak tower (lebih dari 2) karenanya relatif lebih mahal;
– Seberapa banyak fasilitas yang diberi apartemen anda (kolam renang, gym, jogging track, dan sebagainya), kian komplit karenanya biayanya relatif lebih mahal;
– Apakah apartemen anda memiliki mall atau plaza di bawahnya. Aku kerap kali jumpai sebagian apartemen yang menyambung atau berdiri di atas mall mengenakan tarif pemeliharaan yang lebih mahal dibanding apartemen tanpa mall.

Kelemahan lainnya yaitu, anda memerlukan waktu lama untuk akta induk apartemen anda dipecah menjadi akta rumah susun (strata tittle). Malahan untuk apartemen kelas menengah ke bawah anda seharusnya berhati-hari sebab banyak pengembang yang bandel (bagus pengembang besar ataupun kecil) yang tak membereskan urusan pecah akta ini, alhasil kepemilikan anda cuma ‘nyangkut’ hingga di AJB saja.

Apartemen juga akan menjadi permasalahan seandainya anda penyayang hewan dan mau memelihara hewan besar atau berbunyi seperti burung atau anjing yang besar. Sementara untuk hewan kecil seperti kucing lazimnya penghuni menyenangi badung dan ‘menyelundupkan’ binatang-binatang itu untuk dipelihara di apartemen sedangkan dapat berbahaya binatang itu sendiri maupun penghuni lain.

Kebayang kan tetangga anda rupanya memelihara ular kobra dan rupanya lepas dari kandangnya.

Apartemen ini dapat anda beli dengan sistem mengredit atau kredit pemilikan apartemen (KPA). Anda cuma cukup mempersiapkan uang mukanya saja dan membayar angsuran bulanan yang relatif besarannya sekitar tarif kontrakan atau kos-kosan anda ketika ini.

Ketimbang uang anda habis hanya buat bayar sewa saja mendingan dihasilkan aset dengan membayar angsuran. Melainkan anda juga seharusnya mengerti kecakapan membayar angsuran anda.

Banyak orang berdalih tak berkeinginan tinggal di apartemen sebab seperti hidup di atas awan atau tempatnya yang sempit dan anda tak leluasa mengerjakan apa-apa. Saja alasannya punya properti apartemen masih jauh lebih baik ketimbang tak punya properti.

Seandainya yang seharusnya diingat yaitu punya properti apartemen dapat menjadi batu loncatan sebelum anda membeli rumah tinggal tapak. tiba saatnya anda seharusnya pindah apartemen hal yang demikian dapat dipasarkan untuk dihasilkan uang muka rumah baru anda.

Dalam tulisan selanjutnya kita akan bahas kelebihan dan kelemahan membeli rumah dan kiat membeli properti lainnya seperti sewa gudang.