Metode Membersihkan Perlengkapan Gelas Lab

Metode Membersihkan Perlengkapan Gelas Lab
Metode merawat alat gelas lab yakni dengan menjaga kebersihan perlengkapan-perlengkapan di lab. Karenanya perlu dikenal bagaimana prosedur membersihkan perlengkapan gelas lab secara awam atau khusus.

Dasar Membersihkan Perlengkapan Gelas Laboratorium

Umumnya lebih gampang membersihkan perlengkapan gelas bila lantas membersihkannya. Pengaplikasian detergent untuk perlatan gelas laboratorium sepatutnya layak dengan peruntukannya atau tipe detergent yang berbeda dengan yang dipakai untuk mencuci piring, seperti Liquinox atau alconox.

Kali kali, detergent dan air keran tak dibutuhkan dalam hal ini, sebab lazimnya menerapkan suatu larutan pencuci yang khusus untuk membersikan perlengkapan gelas lab. kemudian dibilas menerapkan air suling (bukan air keran) dicontoh oleh bilasan akhir dengan air deionisasi bila perlukan. ( Baca juga : Laboratorium bahasa )

Membersihkan Bahan Kimia Laboratorium Awam

– Larutan yang larut dalam air

Untuk larutan yang larut air ( e.x NaCl/ lar. Sukrosa ) bilas 3-4 kali menerapkan air deionisasi .

– Larutan yang tak larut air
Untuk larutan yang tak larut dalam air (umpamanya, larutan dalam heksana atau kloroform). Bilas 2-3 kali dengan etanol atau aseton, bilas 3-4 kali dengan air deionisasi, lalu simpan.
– Asam Kuat
Asam kuat (umpamanya, konsentrat HCl atau H2SO4). Di dalam lemari asam, dengan hati-hati bilas perlengkapan gelas air keran berlebih.Bilas 3-4 kali dengan air deionisasi.
– Basa Kuat
Untuk basa kuat (umpamanya, 6 M NaOH atau konsentrat NH4OH). Di dalam lemari asam, dengan hati-hati bilas perlengkapan gelas dengan air keran berlebih. Bilas 3-4 kali dengan air deionisasi.
– Asam Lemah
Asam lemah (umpamanya, larutan asam asetat atau pengenceran asam kuat seperti 0,1 M atau 1M HCl atau H2SO4) Cukup bilas 3-4 kali dengan air deionisasi.
– Basa Lemah
Basa lemah (umpamanya, 0,1 M dan 1M NaOH atau NH4OH). Bilas bersih dengan air keran untuk menghilangkan dasarnya, kemudian bilas 3-4 kali dengan air deionisasi.

Mencuci Perlengkapan Gelas khusus

– Perlengkapan gelas yang dipakai untuk Bahan Kimia Organik
Bilas peraltan gelas dengan pelarut yang layak. Pakai air deionisasi untuk isi larutan yang larut dalam air. Pakai etanol larutan yang larut dalam etanol, dilanjutkan oleh bilasan air deionisasi. Bilas dengan pelarut lain yang dibutuhkan, dicontoh oleh etanol dan air deionisasi. Kalau gelas perlu digosok, gosok dengan sikat menerapkan air sabun panas/hangat, bilas dengan air keran, dilanjutkan oleh bilasan dengan air deionisasi.

– Buret
Cuci dengan air sabun panas, bilas dengan air keran, kemudian bilas 3-4 kali dengan air deionisasi. Pastikan pembilasan sepatutnya bersih. Burets sepatutnya benar-benar bersih bila akan dipakai untuk praktek analisis kuantitatif.

– Pipet dan Labu Ukur
Dalam sebagian kasus, kita mungkin perlu untuk merendam perlengkapan gelas ini dengan air sabun untuk satu malam. Bersihkan pipet dan labu ukur menerapkan air sabun bersuhu hangat. {|eralatan gelas ini mungkin perlu digosok dengan kuas. Bilas dengan air keran dicontoh oleh 3-4 kali bilasan dengan air deionisasi.

Artikel lainnya : lab bahasa

Mengeringkan atau Tak Mengeringkan Perlengkapan Gelas

– Tak Mengeringkan
Tak dianjurkan untuk mengeringkan gelas dengan tisu atau dengan tekanan udara (seperti dengan hairdryer) sebab hal ini bisa memunculkan kotoran yang bisa mencemari larutan. Umumnya kita bisa mengizinkan gelas kering dengan sendirinya.

– Membilas dengan Pereaksi
Kalau air dapat memberi pengaruh fokus larutan akhir yang akan kita buat nantinya, dapat kita membilas perlengkapan gelas itu 3 kali dengan larutan tertentu .

– Mengeringkan Perlengkapan gelas
Kalau perlengkapan gelas akan dipakai langsung sesudah dicuci dan sepatutnya kering, bilas 2-3 kali dengan aseton. Ini akan menghilangkan air dan akan menguap dengan kencang. Meski bukan pandangan baru yang baik untuk meniup udara ke dalam gelas untuk mengeringkannya, kadang-kadang kita bisa menggunakan sistem vakum untuk menguapkan pelarut.

 

 

Baca juga : Lab bahasa inggris