Kiat Memilih Pintu Garasi

Image result for pintu garasi
Mempercantik desain garasi dalam rumah hunian dapat dikerjakan dengan beragam metode. Salah satunya dapat dikerjakan melalui pemilihan pintu garasi yang ideal, sehingga kian mempermanis rumah Anda. Eksistensi garasi memang tidak mesti ada di tiap-tiap rumah hunian. Sedangkan dapat disebut sebagai ruangan komplementer, tetapi akan menjadi ruang yang butuh dihadirkan dalam rumah bila Anda mempunyai kendaraan beroda empat, motor atau alat transportasi pribadi lainnya. Untuk garasi yang didesain tertutup, pintu garasi menjadi unsur yang penting dipandang.

Pintu garasi yakni unsur yang diterapkan sebagai jalan masuk keluar dan masuk yang mengaitkan antara garasi dengan carport atau dengan halaman rumah. Mengingat fungsinya yang cukup penting, tidak salah bila memberikan perhatian lebih dikala memilih tipe pintu garasi yang layak dengan konsep dan desain rumah hunian.

Ada berbagai elemen yang penting dipertimbangkan dikala memilih pintu garasi, mulai dari bahan yang diterapkan, finishing sampai teladan pintu garasi. Menghadirkan pintu garasi dari bahan kayu jati menjadi opsi Agus Cahyono yang berdiam di Jl Parangkusumo II, Sondakan, Solo. Bapak empat buah hati ini menceritakan pemilihan bahan dari kayu jati menurut alasan sebab bahannya kuat dan awet. Supaya tak terlalu banyak memakan daerah, dipilih pintu garasi tipe geser. Ukuran lebar pintu garasinya sekitar tiga meter dengan ketinggian sekitar 2,5 meter. Sementara teladan pintu garasi didesain sendiri dengan gaya sederhana dan minimalis.

Agus menyebut pintu garasinya mengaplikasikan konsep gaya strip melintang. Pintu garasi hal yang demikian diciptakan tak tertutup penuh, modelnya diciptakan seperti kisi-kisi dengan format lajur memanjang dengan jenis lubang udara yang cukup lebar.

”Dengan ada lubang angin seperti ini dapat diterapkan sebagai daerah peredaran udara dan sinar. Jadi dikala memanaskan kendaraan beroda empat tanpa membuka pintu garasi, asap knalpot kendaraan beroda empat dapat keluar melalui lubang angin di pintu hal yang demikian. Melewati lubang angin di pintu hal yang demikian juga membikin sinar dapat masuk walaupun pintunya tak dibuka,” ujar Agus dikala berbincang dengan Espos di kediamannya.

Warna cat

Sementara warna cat coklat dipilih sebagai finishing pada pintu garasi dari kayu jati hal yang demikian. ”Hakekatnya warna aslinya ialah warna kayu dengan finishing melamin, tetapi sebab terjadi kerusakan tekstur kayu karenanya aku cat dengan warna coklat yang mirip dengan warna kayu,” ujarnya.

Untuk perawatannya, Agus mengaku secara terjadwal mengolesi rel dan roda pintu dengan mengaplikasikan vaselin. Perawatan hal yang demikian dikerjakan untuk mencegah pintu garasi berderit atau berbunyi dikala digeser.

Sementara keluarga Harley yang berdiam di Puri Gentan Deluxe Asri, Gentan, Sukoharjo, memilih pintu garasi folding gate teladan akordion. ”Di rumah aku yang sebelumnya pintu garasinya teladan rolling dari bahan aluminium, tetapi bahannya kurang kuat. Sebab itu untuk rumah yang kini dipilih folding gate sebab kami mengamati bahan ini lebih kuat dan awet,” ujar Nyonya Harley.

Sementara warna pintu garasi menonjol kontras dengan warna cat dinding di sekelilingnya. Warna pintu garasinya oranye, sementara cat dinding rumah berwarna biru keabu-abuan. Sementara pemilihan teladan pintu lipat dilihat tak memakan banyak daerah dan mempermudah dikala membuka dan menutup pintu garasi.

 

 

Baca juga : pintu garasi wina