Tips Perawatan Mobil Saat Musim Hujan Datang

alat cuci mobil

 

Beberapa besar kawasan Indonesia, telah menjelang musim hujan. Pada musim ini, para pemilik kendaraan semestinya memberikan perawatan ekstra supaya kendaraan tak pesat rusak.

Pemilik bengkel Berlian Jaya, Ardi Luna mengemukakan, air hujan mengandung garam cukup tinggi dibanding air tanah atau PDAM.

Apabila tak dibilas atau dikeringkan bisa merusak body kendaraan beroda empat. Di mana cat menjadi kusam dan berjamur.

“Musim hujan yaitu musim di mana kendaraan beroda empat lebih dapat pesat rusak sebab air hujan rupanya punya kadar garam tinggi. Di samping itu air hujan dapat merembes masuk ke dalam mesin,” ujar Ardi, ketika berbincang dengan kami di wilayah Cinere, baru-baru ini.

Untuk mencegahnya, Ardi memberikan sebagian kiat supaya kendaraan beroda empat terawat di musim hujan, sebagai berikut:

 

1. Semprotkan Silicon Spray

Empat mempunyai komponen-komponen karet dan kaca di sebagian sisi. Jikalau karet dan kaca ini acap kali terkena air hujan kemudian kering terkena panas, karenanya komponen kaca dan karet akan gampang rusak.

“Pakai semprotan cairan silikon pada karet dan kaca yang acap kali terkena hujan. Lakukan secara terstruktur¬† berakhir Anda selesai mencuci kendaraan beroda empat supaya komponen hal yang demikian lebih awet dan lentur,” kata Ardi.

Baca Juga: alat cuci mobil

 

2. Cuci Gunakan Air Bersih

Ketika kendaraan beroda empat kehujanan, jangan biarkan air hujan mengering dengan sendiri. Seketika cuci kendaraan beroda empat dengan air bersih.

“Hilangkan air hujan sebab membisu-membisu dapat merusak cat dan lapisan kendaraan beroda empat. Pakai sabun pencuci kendaraan beroda empat dan spons yang halus. Bilaslah dengan air sampai bersih. Lalu, lap sampai kering,” ujar Ardi.

 

3. Periksa Komponen Mesin Empat

Banyak orang sesudah mobilnya kehujanan, cuma mengelap dan memeriksa komponen luar kendaraan saja. Melainkan, cobalah periksa komponen mesin. Sebab air yakni benda cair yang akan benar-benar gampang masuk melewati celah sekecil apa saja.

“Anda semestinya pastikan bahwa air tak masuk ke dalam mesin dan membikin kendaraan beroda empat mogok ketika akan dikendarai,” kata Ardi.

 

4. Letakkan Empat di Garasi Tertutup

Sesudah mencuci kendaraan beroda empat dan mengeringkannya, jangan lupa untuk lantas memasukkan kendaraan beroda empat ke dalam garasi tertutup atau jikalau diparkir di daerah terbuka, gunakan selimut atau penutup kendaraan beroda empat.

Ini penting untuk menghindari kendaraan beroda empat terkena air hujan yang sewaktu-waktu dapat mengotori kendaraan beroda empat Anda.

 

5. Pakai Karpet untuk Mencegah Jamur

Ketika musim hujan tiba, penumpang masuk ke dalam kendaraan beroda empat dengan situasi alas kaki berair.  ini bisa membasahi lantai kendaraan beroda empat sampai menyebabkan jamur dan bau apek.

Solusinya yakni dengan menambahkan karpet karet atau keset supaya kaki yang berair tak meresap ke panel atau lantai dasar yang terbuat dari bahan kain.

“Tambahan karpet karet untuk melapisi alas kendaraan beroda empat. Ini untuk menghindari lantai pesat dekil ketika hujan dan juga jamur yang gampang tumbuh. Ganti atau bersihkan karpet minimal seminggu sekali supaya ruang kabin konsisten fresh,” ujar Ardi.

 

Baca Juga: mesin potong kayu