Simak Tips Berikut Ini Sebelum Membeli Mesin Las Listrik

las listrik

Pengelasan merupakan salah satu keperluan vital didalam bidang industri. Secara untuk bidang industri yang material utamanya menerapkan bahan logam, sebab dapat dipastikan mesti menerapkan mesin las untuk menjalankan penyambungannya. Kini ini banyak sekali bermunculan variasi-variasi mesin las listrik dari berjenis-jenis merk.

Mesin las listrik ada banyak jenisnya, ada yang figur inverter atau portable dan ada juga mesin las yang berukuran besar. Sebelum Anda membeli sebuah mesin las, pastikan dahulu mesin las ini cocok dengan keperluan Anda.

Bila Anda cuma mau mengelas plat-plat tipis saja, Anda tak perlu membeli mesin las yang mempunyai ampere yang besar, cukup dengan mesin las yang memiliki ampere kecil saja.

Ada 3 variasi mesin las yang dipasarkan awam dipasaran :

1. Mesin Las Arus Paralel (DC) merupakan mesin las yang cuma dapat diterapkan pada arus DC atau arus paralel

2. Mesin Las Ganda (AC DC) merupakan mesin las listrik yang umum diterapkan pada arus paralel (DC) dan arus bolak-balik (DC). Mesin las ini mempunyai transformator 1 frasa dan 1 buah alat perata pada 1 unit mesin.

3. Mesin Las Arus Bolak-Balik (AC) merupakan mesin las yang cuma dapat diterapkan pada arus AC seperti listrik PLN dan generator AC

 

Hal yang mesti dilihat dalam membeli mesin las listrik adalah berapa banyak jumlah konsumsi kekuatannya. Jangan hingga Anda membeli mesin las yang kekuatannya tak cocok dengan sumber listrik ditempat Anda.

Seandainya sumberdaya listrik yang diterapkan merupakan genset, sebaiknya Anda membeli mesin las trafo dikarenakan lebih awet dan lebih bendung pada fluktuasi tegangan atau frekuensi yang berjalan pada genset.

Lalu bila Anda menerapkan sumberdaya listrik dari PLN, bagusnya Anda membeli mesin las listrik variasi inverter sebab lebih hemat energi listriknya.

Mesin las listrik yang berkwalitas dan baik merupakan mesin las yang memiliki Duty Cycle hingga dengan 100%, akan namun mesin yang seperti ini cukup susah ditemukan dipasaran.

Sekalinya adapun, harganya pasti cukup mahal. Lazimnya mesin las yang kerap kali kita temui dipasaran awam yang mempunyai Duty Cycle kisaran 30%-60% saja.

Nah, satu hal yang paling penting dan paling vital yang mesti Anda pertimbangkan dikala membeli mesin las adalah after sales service-nya.

Apakah warung yang anda beli produknya ini after salesnya bagus ? Amat banyak merk-merk mesin las yang memberikan fasilitas garansi yang menarik akan namun kenyataannya untuk pengerjaan garansinya sungguh-sungguh susah maupun terlalu berbelit-belit.

Jadi usahakan tanyakan secara detil terhadap penjual mengenai pengerjaan after sales service.

 

Baca Juga: mesin potong kayu