Begini Ternyata Kegunaan dari High Pressure Cleaner atau Mesin Steam

mesin steam

High pressure cleaner atau mesin steam merupakan suatu alat yang progres kerjanya menurut pemampatan air pada tekanan tinggi.

Pada dasarnya prinsip kerja high pressure cleaner sama dengan kompresor udara, akan melainkan yang membedakannya merupakan benda yang dimampatkannya. Untuk kompresor umumnya benda yang dimampatkan merupakan gas atau udara meski untuk high pressure cleaner merupakan benda cair.

Pada lazimnya HPC dalam pemampatan tekanan menerapkan piston 3 pcs yang dirancang dalam kompresinya secara berjenjang oleh ketiga piston hal yang demikian dengan beda posisi satu sama lainnya beda jarak dengan arah pergerakan maju mundur. Dalam pengoperasiannya HPC memerlukan water input dengan air yang mengalir masuk ke HPC.

Dipandang dari metode pemrakarsanya high pressure cleaner bisa digerakkan oleh electro motor (dynamo) dan engine, dimana masing-masing pelopor memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Coupling dari motor pelopor ke pompa juga via media ialah system woble plate dan sytem crankshaft.

Dalam system wobble plate maju mundurnya piston diatur oleh wobble plate sehingga kalau wobble plate berputar sekali putara karenanya piston bergerak maju mundur dengan beda sudut 120 Derajat. Padahal system crankshaft itu sendiri dicoupling seketika dengan motor pemrakarsanya.

 

Cara Memilih Mesin Steam

Ada sebagian hal yang perlu diamati dalam pemilihan atau penggunaan HPC :

– Berapa tenaga listrik yang diperlukan.

– Pengaplikasian alat itu untuk keperluan apa.

– Keperluan kapasitas yang dibutuhkan (tekanan maupun flow rate).

– Kelengkapan atau aksesoris yang dibutuhkan maupun aksesoris yang tersedia.

 

Cara Pemakaian Mesin Steam

HPC banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat pembersih dengan media air bersih. Keunggulan alat ini jauh lebih bersih, lebih kencang dan malahan bisa mengelupas cat ataupun kotoran atau lumut yang menempel pada benda yang dibersihkan. Figur penggunaannya di bengkel kendaraan beroda empat, pertamanan, resto, pabrik, dan lain-lain.

 

Aksesoris dan Peralatan Mesin Steam

Untuk memaksimalkan alat ini ada sebagian aksesoris yang semestinya dilengkapi seperti :

 

1. Tabung Sabun

Aksesoris ini ada yang telah terpasang pada body mesin dan ada yang terpisah, yang berfungsi untuk daerah penampungan sabun, dimana pada ketika dibutuhkan untuk penyabunan bisa dilaksanakan dengan sistem menarik lance untuk tabung sabun yang terpasang pada mesin dan untuk yang terpisah semestinya dipasang di ujung dari gun kit mesin. Lazimnya mesin yang menggunakan tabung sabun tekanan kerjanya lebih besar dari 40 Bar.

 

2. Spray Gun

Peralatan standar yang fungsinya untuk media output mesin, umumnya ujungnya yang berupa nozzle bisa dikontrol semprotan yang melebar maupun terpusat

 

3. Nozzle (Pointing, Spraying)

Untuk yang jenis pointing diterapkan untuk proses dengan jarak antara ujung gun dengan benda kerja lebih jauh. Lazimnya diaplikasikan pada benda yang sempit ruangnya maupun susah dijangkau. Padahal untuk yang jenis spraying cuma untuk profesi yang awam (tak susah)

 

4. Rotor Power

Alat ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan, dimana sistem kerjanya dirancang sedemikian rupa sehingga hasil dari semprotan yang keluar dari gun kitnya ialah semprotan berupa pusaran sehingga disamping menyapu (spraying) sekalian menyusun semprotan yang berputar.

 

5. Sempurna Berhenti System

Kelengkapan ini berfungsi sebagai switch ON/OFF mesin

 

6. Burner

Berfungsi sebagai pemanas air yang keluar dari mesin dimana air yang telah bertekanan yang keluar dari mesin dipanaskab hingga temperatur tertentu (200 Celcius)

 

Baca Juga: gergaji mesin