5 Jenis Mesin Bor Beserta Kegunaannya Masing-Masing

harga bor bosch

Mesin bor yaitu mesin yang gerakannya memutarkan alat pemotong yang arah mata bornya cuma pada sumbu mesin hal yang demikian.

Walaupun pengeboran yaitu peras yang menjadikan lubang berbentuk bulat dalam suatu profesi menggunakan pemotong yang berputar yang disebut bor listrik.

 

1. Mesin bor tangan

Mesin bor ragam tangan yaitu mesin bor yang sistem pengoperasiannya menggunakan tangan serta formatnya bahkan mirip seperti pistol. Mesin bor ini lazimnya diaplikasikan untuk melubangi tembok kayu maupun plat logam.

Tak cuma diaplikasikan untuk melubangi saja, mesin bor ragam ini bahkan dapat diaplikasikan untuk mengencangkan maupun melepaskan baut karena dilengkapi dengan dua putaran ialah kiri serta kanan. Mesin bor tangan tersedia dalam berjenis-jenis ukuran, kapasitas, fungsi serta formatnya masing-masing.

 

2. Mesin bor meja

Mesin bor meja yaitu mesin bor yang ditaruh di atas meja. Mesin ini diaplikasikan untuk membikin lobang pada suatu benda Erta dengan diameter kecil. Prinsip kerja dari mesin bor meja yakni putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin, sehingga poros berputar.

Kemudian poros berputar yang sekalian sebagai pemegang mata bor dapat digerakkan naik dan turun dengan bantuan roda gigi lurus serta gigi rack yang dapat membatasi tekanan pemakanan dikala pengeboran.

 

3. Mesin Bor Tegak atau Vertical Drilling Machine

Mesin bor ragam ini diaplikasikan untuk melaksanakan benda kerja yang ukurannya lebih besar, di mana cara kerja pemakanan dari mata bor ini dapat diatur naik turun secara otomatis. Pada cara kerja pengeboran, cara kerja utamanya digerakkan naik turun layak dengan keperluan.

 

4. Mesin bor Radial

Mesin bor ragam ini khusus didesain untuk mengebor benda-benda kerja yang berukuran besar serta berat. Mesin bor ini seketika dipasang di lantai, padahal untuk meja mesinnya telah terpasang secara permanen kepada landasan maupun alas mesin.

Pada mesin ini, benda kerjanya tik bergerak. Untuk menjangkau cara kerja pengeboran kepada benda kerja, pada poros utamanya yang digeser ke kanan serta ke kiri dan dapat digerakkan naik turun melewati perputaran batang berulir.

 

5. Mesin bor berporos

Mesin bor berporos mempunyai lebih dari satu spindel. Mesin bor ragam ini diaplikasikan untuk menjalankan sejumlah operasi secara sekalian, sehingga akan lebih pesat untuk menjalankan produksi masal.

Baca Juga: harga bor bosch

 

6. Mesin bor koordinat

Mesin bor ini pada lazimnya sama dengan mesin bor yang lainnya, bedanya berlokasi pada metode pengendalian posisi pengeboran.

Mesin bor koordinat diaplikasikan untuk membikin atau membesarkan lubang dengan jarak spot sentra serta diameter lubang antara masing-masingnya memiliki ukuran serta ketelitian yang tinggi.

Untuk mendapat ukuran ketelitian tinggi hal yang demikian diaplikasikan membutuhkan meja kombinasi yang dapat dikuasai dalam arah melintang serta memanjang dengan bantuan metode optik.

Akurasi serta ketelitian ukuran dengan metode optik dapat dikuasai sampai menjangkau toleransi 0,001 mm.