Perbandingan Metode Pengajaran KTSP Dan Kurikulum 2013

 

International School Jakarta – Didalam sebuah pengajaran, tiap-tiap Negara memiliki metode pengajaran dan kurikulum masing-masing. Begitupun dengan Negara Indonesia, Sesudah mengerjakan pergantian kurikulum hingga tiga kali. Indonesia pada tahun 2017 ini mengerjakan uji coba kurikulum terupdate pada pengajaran di Indonesia. Adalah kurikulum 2013 yang sebelumnya metode pengajaran di Indonesia mengunakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pengajaran).

 

Kurikulum ialah seperangkat agenda dan pembatasan mengenai tujuan, isi, dan penyelengaraan suatu aktivitas pelajaran untuk menempuh tujuan pengajaran tertentu.  di maksud akan tujuan tertentu ini mencakup tujuan pengajaran nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, situasi dan potensi tempat, satuan pengajaran dan peserta ajar.Mulanya kurikulum 2013 digunakan supaya para pelajar lebih siap menghadapi dan membentuk masa depannya.

 

Kurikulum 2013 pertama kali digunakan pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya pada sekitar tahun 2013. Kurikulum 2013 mulai di implementasikan mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Pertama.  di luncurkan secara sah pada tanggal 15 Juli 2013, Dengan jumlah sekolah yang berpatisipasi pada kurikulum baru hal yang demikian sebanyak 6.326 sekolah tersebar di segala provinsi di Indonesia.

 

Perbandingan antara metode pendidkan KTSP dan Kurikulum 2013, yakni:

 

• Kurikulum 2013 dan KTSP

 

a. aspek kompetensi yang digunakan pada kurikulum 2013, lebih menekankan pada hard skill dan soft skill diantara pada keterampilan, kompetensi sikap dan pengetahuan. Walaupun KTSP lebih menekankan pada aspek pengetahuan.

b. Jumlah mata pembelajaran per mingunya lebih banyak dari pada sebelumnya KTSP.

c. Pramuka yaitu ekstrakulikuler yang sepatutnya, dan padahal pada metode kurikulum KTSP itu bukanlah ekstrakulikuler.

d. Metode pengukuran yag digunakan pada kurikulum 2013 pengukuran mengunakan otentik, yakni menilai pada segala kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan menurut progres dan hasil. Walaupun untuk KTSP metode penilain lebih dominan pada aspek pengetahuan semata.

e. Guna guru BK pada Kurikulum 2013 akan lebih menekankan memaksimalkan potensi siswa supaya siswa lebih siap dalam meraih masa depan dan membentuk agenda kedepannya.Perbandingan yang benar-benar signifikan pada metode pengajaran 2013 dan KTSP, segala pada jumlah pelajar yang akan di temukan oleh para pelajar. Dan keaktifan pelajar pada ketika disekolahan akan lebih ditingkatkan.

 

Begitupun dengan salah satu International  School In Jakarta yakni www.ichthusschool.com  mana pada metode kurikulum yang sekolah ini terapkan telah mengunakan kurikulum 2013 dengan perpaduan metode kurikulum luar negeri.  membikin mutu pengajaran yang di Ichthus School satu tungkat lebih bagus dari sekolah international lain nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *